2 bahaya menggunakan tusuk gigi bagi anda sehabis makan - KLINIKES

KLINIKES

Informasi Kesehatan Terkini

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, February 13, 2018

2 bahaya menggunakan tusuk gigi bagi anda sehabis makan

Klinikes.Com - Ketika anda selesai makan pasti berbagai kebiasaan anda lakukan salah satu contoh kecilnya yaitu anda sering mengunakan benda kecil atau kadang di sebut dengan tusuk gigi, yang mana benda tersebut sering di temukan pada warung-warung terdekat. benda tersebut terbuat dari bambu yang di bentuk dengan ukuran kecil dengan panjang sekitar 3-5 cm sedangkan sisi ujungnya di buat runcing. Fungsi dari benda tersebut di gunakan untuk membersihkan selah-sela gigi yang ada sisa-sisa makanan. 

2 bahaya menggunakan tusuk gigi bagi anda sehabis makan

Anda mengunakan tusuk gigi merasa sangat baik untuk membersihkan kotoran yang berada di sela-sela gigi sehabis makan, kadang berasa tidak lengkap jika tidak menggunakan benda kecil tersebut.

Lantas Apakah terlalu sering mengunakan tusuk gigi setelah makan akan berbahaya bagi kesehatan gigi anda, tentu jawabanya iya , Apa alasannya ? simak ulasannya di bawah ini dengan seksama, berikut 2 bahaya menggunakan tusuk gigi bagi anda sehabis makan :

Pertama Gigi, Gusi bahkan Mulut anda akan terluka, mengapa ?

Sebab benda kecil tersebut memilki tekstur yang keras dan mempunyai ujung yang tajam, bisa saja dapat melukai gigi, gusi, dan mulut anda.

sebenarnya boleh mengunakan tusuk gigi jika anda benar-benar tidak bisa menemukan sikat gigi atau jenis lainya yang dapat membersihkan gigi. penggunaan tusuk gigi berlebihan juga akan merusak bagian luar gigi sehingga kadang gigi anda terasa lebih sensitif.

sedangkan jika gusi terluka akibat tusuk gigi tersebut maka akan mudah bagi bakteri masuk ke dalamnya sehingga terjadilah infeksi pada gusi anda.

bahkan gigi anda pun yang keadaanya sudah tidak terlalu kuat akan bisa menjadi patah atau pecah sebab luka tersebut.

Kedua Dapat menyebabkan kerusakan akar gigi anda.

Jika gusi sudah terluka atau terdorong ke bagian dalam, akar gigi yang seharusnya tersembunyi di dalam gusi bisa menjadi terlihat dan muncul. 

Apabila sudah terjadi sedemikian dan anda tetap menggunakannya akar gigi yang seharusnya menjadi kekuatan gigi pun akhirnya bisa ikut rusak, bahkan akan membuat gigi anda di sekitar sela-sela gigi akan berlubang secara perlahan dan pada akhirnya membesar dan menghitam.


Seorang dokter gigi dari Chicago bernama April Grandinetti, menemukan bahwa kesehatan pasiennya yang sering menggunakan tusuk gigi sangat berbeda dengan mereka yang jarang menggunakan tusuk gigi. di lansir dari Tribunnews.com


Oleh sebab itu, jangan terlalu sering menggunakan tusuk gigi sehabis makan. 

Lebih baik, masalah gigi sehabis makan anda bisa atasi dengan menggosok gigi atau menggunakan benang gigi serta berkumur-kumur atau cara lainnya yang tidak membahayakan bagi kesehatan gigi anda. Salam Sehat !



2 comments:

  1. selama ini saya terbiasa melakukan hal ini dan baru tau dampak negatif nya. Makasih info nya (y)

    ReplyDelete