7 Faktor Pemicu Telat Menstruasi dan Tidak Teratur | Klinikes.Com - KLINIKES

KLINIKES

Informasi Kesehatan Terkini

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Monday, July 3, 2017

7 Faktor Pemicu Telat Menstruasi dan Tidak Teratur | Klinikes.Com

Selamat Datang Kembali Sobat ! web klinikes ( Klinik Kesehatan ) kali ini akan mengulas problem menstruasi yang telat dan tidak teratur. sobat sering mengira bahwa mereka yang telat menstruasi merupakan tanda-tanda kehamilan pasti. Padahal sebenanrya itu tidak benar, mereka yang telat menstruasi bisa saja di sebabkan oleh faktor lain. mereka bertanya ? saya telat haid Apakah saya hamil ? kebanyakan jawabannya iya kamu hamil, sebenarnya itu jawaban yang sangat salah, sebab mengapa ? kaum hawa yang telat menstruasi belum tentu mengalami kehamilan, sebenarnya banyak faktor lain yang menyababkan telat menstruasi, bisa saja faktor penyababnya ada gangguan pada kesehatan fisik dan psikologis yang dapat mempengarui hormon reproduksi. 


Jika sobat sedang mengalami telat menstruasi atau tidak teratur  bisa saja sobat sedang mengalami gangguan fisik dan psikis, oleh sebab itu kali ini kami website klinikes akan menjelaskan faktor-faktor pemicu yang akan menyababkan menstruasi telat atau tidak teratur, simak ulasannya di bawah ini :

Pertama
Berat badan yang menurun dapat menyababkan sobat telat menstruasi sebab jika mengalami penurunan berat badan maka juga akan berimbas pada hormon estrogen sebagai pembentuk lapisan rahim, penurunan hormon estrogen menurun maka siklus menstruasi pun juga akan menjadi terlambat. oleh karna itu sobat harus menjaga berat badan, bagaimana agar tetap ideal dan tidak dapat menggangu menstruasi.

Kedua meningkatnya stress juga akan dapat mempengarui menstruasi, sebab jika sobat stres maka produksi hormon kortisol pada sobat akan mengalami peningkatan, sehingga dapat mempengarui sistem pencernaan dan reproduksi menjadi tidak terkontrol. di saat terjadi gangguan pada  sistem reproduksi sedemikian makan proses menstruasi pun akan mengalami keterlambatan.

Ketiga sobat mengkomsumsi pil kontrasepsi sperti jenis pil KB dan sejenis nya,fungsi dari pil tersebut dapat mencegah terjadinya ovulasi. jika terjadi pencegahan ovulusi maka juga akan mempengarui pada siklus menstruasi.

Keempat Menstruasi terlambat juga dapat disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon ini biasanya diproduksi ketika wanita sedang menyusui. sebab itu ibu menyusui tidak akan mengalami menstruasi.

Kelima Gangguan pada kelenjar tiroid akan mempengaruhi siklus menstruasi. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon dan triiodothyronine. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon ini dalam jumlah yang tepat untuk fungsi tubuh yang tepat. Kurangnya hormon  juga dapat menyebabkan banyak masalah lain salah satu nya ya telat menstruasi.

Keenam Wanita yang sudah mendekati masa menopause terjadi pada wanita berumur 40-45 tahun yang mana akan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, hal ini merupakan proses alamiah. Jadi sobat dapat mencurigai hal ini jika Anda mengalami telat haid 1 minggu atau 2 minggu atau lebih.

Ketujuh yang dapat menyebab kan telat menstruasi obesitas. Kegemukan atau obesitas juga dapat mempengarui hormon tubuh sobat dan dapat merubah siklus menstruasi bahkan terhenti. Wanita yang berhasil menyembuhkankan diri dari obesitas maka dapat merubah siklus menstruasinya akan kembali normal serta kembali kesuburannya.

Jadi dapat di simpulkan jika sobat mengalami sedemikian dan menstruasi sobat tidak teratur atau bahkan telat bisa saja di atas salah satu fektor penybabnya bukan berarti sobat mengalami kehamilan, sehingga sobat mengalami menstruasi yang tidak teratur atau telat menstruasi. sekian tentang 7 faktor pemicu telat menstruasi dan tidak teratur. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment