Terapkan 4 Cara Rehabilitasi Pasca Kejadian Penyakit Stroke | Klinikes.Com - KLINIKES

KLINIKES

Informasi Kesehatan Terkini

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Friday, June 23, 2017

Terapkan 4 Cara Rehabilitasi Pasca Kejadian Penyakit Stroke | Klinikes.Com

Selamat Datang Sobat ! Semoga sobat tetap dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam melakukan aktivitas. kali ini website klinik kesehatan sedikit akan memberikan ilmu tentang kesehatan tentang rehabilitasi pasca kejadian stroke. sobat tentu sudah tau apa itu makna rehabilitasi ? bahkan sobat juga mungkin pernah mendengar atau membaca di artikel-artikel lainnya. Ternyata penyakit stroke juga butuh untuk di rehabilitasi, tentunya di lakukan rehabilitasi pasca stroke bukan pra stroke : ) hehe..

Rehabilitasi Pasca kejadian Penyakit Stroke


Apa Itu Rehabilitasi ?

Rehabilitasi yaitu menjaga kemampuan fisik, rohani, social dan kemampuan untuk melakukan aktivitas kembali, dengan kemampuan seoptimal mungkin. Hal-hal yang dapat di lakukan bisa dengan fisioterapi, terapi bicara, terapi mental,psikoterapi dan sebagainya. Yang mana hal ini di lakukan agar fungsi otak yang berkurang  akibat stroke dapat di rangsang unruk berfungsi seperti semula, meskipun itu tidak maksimal. Sebelumnya Kita pernah mengetahui pada tulisan sebelumnya tentang Mengenal Penyakit Stroke dan Faktor resikonya Klik Di Sini. 

Stroke dapat mengakibatkan  kecacatan, bahkan kematian. problem utama dari stroke atau gangguan utamanya adalah terganggunya fungsi otak dan terjadi sumbatan pada peredaran darah sehingga suplai darah pada otak tidak maksimal.

Dalam difinisi lain Rehabilitasi merupakan Pemulihan ke bentuk atau fungsi yang normal setelah terjadi luka atau sakit, atau pemulihan pasien yang sakit atau cedera pada tingkat fungsional optimal di rumah dan masyarakat, dalam hubungan dengan aktivitas fisik, psikososial, kerja dan rekreasi.

Ada beberapa tujuan Rehabilitasi Stroke menurut WHO Sebagai Berikut :

  • Memperbaiki fungsi motorik, kognitif, Wicara,serta fungsi lain yang terganggu sebab kurangnya suplai darah ke otak.
  • Dapat Melakukan Aktivitas kembali dalam kehidupan sehari hari,
  • Readapatasi sosial dan mental untuk memulihkan hubungan interpesonal dan aktivitas sosial.


Prinsip-Prinsip rehabilitasi stroke :

  • Di lakukan dengan aktivitas atau kegiatan yang ringan-ringan,
  • Seteleh aktivitas ringan mulai bisa maka di lanjutkan ke aktivitas yang lebih berat,
  • Aktivitas latihan tergantung kebutuhan pasien,
  • Tidak di lakukan satu kali saja, namun berulang-ulang



Cara memulihkan kembali atau rehabilitasi terhadap penyakit stroke , tentu banyak program rehabilitasi seperti yang di sebutkan di atas , bisa menggunakan terapi dan sebagainya. Salah satu cara rehabilitasi pasca stroke sebagai berikut :

Pertama terapi mobilisasi dini yaitu terapi yang di lakukan di atas kasur atau tempat tidur pasien yang tujuannya untuk memperbaiki sitem neurolgis dan mencegah terjadi tekanan pada otot dan kekakuan otot. Hal ini di lakukan 24-48 jam pasca stroke. trik ini bisa di lakukan pada pasien koma atau pun sadar oleh sobat. jika sobat berkenan coba saja di lakukan pada salah satu kelurag sobat yang mengidap penyakit stroke.


Kedua sobat atau penderita bisa melakukan terapi bicara dengan cara pasien di anjurkan secepatnya memulai kemampuan untuk berbicara. Dengan cara anggota keluarga atau kerabat terdekat sobat secara aktif mengajak penderita stroke untuk ber bicara secara perlahan-lahan , namun sesuai dengan prinsip rehabilitasi dilakukannya bukan hanya sekali saja, tapi harus berulang-ulang, meskipun sebenarnya penderita stroke sangat sulit untuk mengutarakannya.

Ketiga Fisioterapi  juga dapat di lakukan , dengan cara anggota gerak yang mengalami kelumpuhan mulai di latih, baik oleh diri sendiri atau orang lain. Hal ini di lakukan agar fungsi motorik di usahakan kembali ke fungsi normal meskipun tidak maksimal. Selain itu juga terapi ini dapat mencegah terjadinya atrofi pada otot yang lumpuh.

Keempat Psikoterapi langkah penting. agar pasien pasca stroke tidak mengalami hal hal yang kurang baik,seperti rendah diri, gampang emosional , stress dan sebagainya.Terapi ini berkaitan dengan psikologis bisa melibatkan stres karena memikirkan kondisi kesehatannya. Dibutuhkan suasana yang hangat dan kekeluargaan supaya penderita stroke bahagia dan merasa diperhatikan. Hendaknya sobat  mendekat ketika berbicara pada penderita stroke , dan jangan berteriak atau bersuara keras. Jangan sesekali membentak penderita, karena hal tersebut akan sangat melukai hati penderita stroke. oleh sebab itu sobat harus berhati hati saat berinteraksi dengan penderita stroke.


Dalam hal ini yang telah di sebutkan di atas hal yang harus di lakukan penderita stroke dan keluarga agar selalu menjaga, sehingga tidak terjadi stroke yang tidak berulang kembali.

Mengapa ? 

sebab jika terulang kembali maka akan berpotensi beresiko tinggi untuk kematian atau tingkat kecacatan semakin bertambah. Tentu dari pihak penderita atau pun keluarga sobat tidak ingin itu terjadi lagi. salah satunya cara mencegahnya seperti : tidak merokok, tidak minum kopi atau al kohol, teratur dalam berolahraga, menjalani hidup dengan tenang. untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel di bawah ini ( Arahkan kursor Sobat ke Tulisan di Bawah dan Klik ) :



Berikut Sekilas penjelasan tentang Terapkan 4 Cara Rehabilitasi pasca kejadian penyakit Stroke. Semoga trik ini bisa di lakukan dan dapat di terapkan untuk sobat atau keluarga sobat. jika ingin bertanya silahkan komentar atau langsung Live Chat di bagian bawah kanan deskop. terima Kasih.


No comments:

Post a Comment