Pengobatan Osteoporosis | Klinikes.Com - KLINIKES

KLINIKES

Informasi Kesehatan Terkini

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, June 17, 2017

Pengobatan Osteoporosis | Klinikes.Com

Pada artikel sebelumnya di jelaskan tentang "Mengenal Penyakit Osteoporosis/Kerapuhan Tulang dan Penyebabnya" silahkan di baca lagi atau langsung komentar di bawah postingan jika sobat masih belum faham tentang penyakit ini.  kali saya ini akan mengenalkan obat yang di gunakan untuk penyakit osteoporosis .



mengubah gaya atau pola hidup juga dapat menrunkan resiko terjadi osteoporosis atau kerapuhan tulang. sperti kita sering berolahraga secara rutin, berhenti untuk tidak merokok lagi, mengurangi komsusmi alkohol, dan diet cukup kalsium minimal 1200 mg/hari, dan vitamin D minimal 800 UI/hari. kalsium dapat meningkatakan masuka kalsium dan vitamin D membantu menyerap kalsium. terpai berfokus pada memeperlambat atau mencegah tulang kropos untuk menurunkan resiko patah tulang dan jatuh. 


Ada obat lain misalnya jenis bifosfonat seperti alendronate dan suplementasi kalsium dan vitamin D yang adukat di komsusmsi. 

program terpai komprehensif yaitu gizi sesuai, olahraga, dan penvcegahan jatuh yang dapat menyebabkan patah tulang. nutrisi makanan yang di komsumsi banyak mengandung vitamin, mineral dan nutris lain yang penting membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita. semua gizi di butuhkan pleh tuuh kita namun harus seimbang. khususnya kalsium dan vitamin D yang di utuhkan untuk memperkuat tulang agar tidak terjadi kerpauhan tulang.

olahraga juga merupakan komponen penting dalam program pencegahan kerpauhan tulang, olahrga tidak hanya meningkatkan kesehatan tulang sobat namun juga akan meningkatkan kekuatan dan kordinasi keseimbangan otot sobat. meskipun olahrga merupakan hal baik namun untuk melakunnya tidak mendadak atau berlebihan sehingga dapat menyiksa tulang.

jenis obat terpaiutik yang dapat di gunakakn adalah untuk mencegah atau dapat di gunakan terapi osteoporosis seperti bifosfat, agonis atau antagonis estrogen, trapu estrogen, terapi hormon, dan hormon paratiroid. jika di simpulkan pentalaksaan pengobatan farmakloginya sebagai berikut :

Pertama untuk meningkatkan pembentukan tulang. obat-obatan yang dapat meningkatkan pembentukan tulang misalnya steroid anabolik.

kedua untuk menghambat resorpsi tulang. obat-obat yang dapat menghambat yaitu estrogen, kalsitonin, difosfonat, dan modulator reseptor estrogen selektif. semua pengobatan ini harus di kombinasikan atau di tambhakan dengan komsumsi kalsium dan vitamin D.

untuk lebih jelasnya masalah pengobatan ini, sobat konsultasikan pada dokter terdekat di sekitar sobat. semoga bermanfaat utamakan bertanya pada dokter terdekat dan konsultasikan. terima kasih.

No comments:

Post a Comment