Pengobatan dan cara mengatasi penyakit biduran | Klinikes.Com - KLINIKES

KLINIKES

Informasi Kesehatan Terkini

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Friday, June 16, 2017

Pengobatan dan cara mengatasi penyakit biduran | Klinikes.Com

Pada tulisan sebelumnya pernah di jelaskan sekilas tentang difinisi penyebab, tanda gejala dari biduran. untuk kali ini mengulas sedikit tentang pengobatannya. 


Pengobatan dan cara mengatasi penyakit biduran

kasus biduran kebanyakan bisa sembuh dalam dua hari jika itu biduran yang sifatnnya ringan, untuk tindakan dan pengobatanya sesuai dengan faktor gejala dan penyebabnya. masalah pengobatannya di bagi menjadi dua bagian sebagai berikut :

Pertama biduran yang sifatnya akut. Biduran akut dengan gejala yang bertahan tidak lebih dari enam minggu. obat-obatan yang di gunakan untuk mengatasi biduran seperti antihistamin yang berfungsi untuk menghentikan gatal-gatal yang di rasakan akibat bilur yang timbul di kulit dan juga dapat mengurangi bilur yang muncul degan mengahmabt hitasimin. obat ini tidak boleh di berikan pada ibu hamil. jenis obat anthistamin yaitu loratadine dan fexofenadin. 

selanjutnya bisa mengunakan obat jenis kortikostiroid yang beungsi untuk mengurangi gejala biduran yang sudah parah. obat ini tidak di berikan dalam jangka panjang. contoh obatnya prednisolone.  obat ini jika di komsumsi jangka panjang bisa berefek samping tekanan darah tinggi, katarak, dan bisa juga kencing manis.

Kedua jenis obat yang dapat di gunakan untuk menangani biduran yang lebih dari enam minggu atau kronis. Antihistamin H1 dan H2. selama gejala biduran  muncul di anjurkan untuk mengkomsumsi antihistamin H1. dosis yang di berikan harus sesuai dengan gejala yang di rasakan. Terapi cahaya ultraviolet B juga bisa menghilangkan ruam dan bilur yang tidak reda atau yang sifatnya sudah kronis. caranya bagian kulit yang terkena bilur atua ruam akan di berikan pejanan cahaya ultraviolet tersebut. masih banyak lagi jenis obat yang dapat menyembuhkan biduran kronis.

Pengobatan dan cara mengatasi penyakit biduran  :

  1. jangan menggaruk bagian yang muncul biduran atau ruam merah, karna dapat menyebabkan semakin meluas dan banyak.
  2. jangan memakai sabun yang sangat tinggi mengandung bahan kimia keras.
  3. usahakan area kulit yang terkena biduran tertutup boleh di olesi bahan penyejuk misal losion.
  4. mengunnakan pakaian yang longgar dan ringan,
  5. jauhkan dari makanan yang mengandung zat adotif, alkhohol, 
  6. hindari suhu panas atau dingin, 
  7. jauhkan juga dari stress.


No comments:

Post a Comment