Mengenal Stomatitis (Sariawan) dan Jenisnya | Klinikes.Com - KLINIKES

KLINIKES

Informasi Kesehatan Terkini

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, June 6, 2017

Mengenal Stomatitis (Sariawan) dan Jenisnya | Klinikes.Com

Mengenal Stomatitis (Sariawan) dan Jenisnya. Susunan pertama anatomi sistem pencernaan adalah mulut, mulut berfungsi sebagai pengunyah makanan yang masuk, agar mudah di proses di bagian pencernaan bagian bawah yaitu di lambung dan seterusnya. pada keadaan normal di dalam mulut terdapat berbagai macam kuman yang berkembang tumbuh di bagian mulut, sehingga dapat di sebut dengan flora mulut yang bersifat apatogen. jika daya tahan atau kekebalan tubuh menurun, maka kuman atau bakteri yang asal nya apatogen menjadi patogen sehingga dapat menimbulkan gangguan berbagai penyakit atau infeksi. daya tahan tubuh dapat menurun sebab adanya gangguan mekanik misal cedra atau trauma, gangguan kimiawi, kekurangan darah atau anemia, dan defiensi vitamin.

Mengenal Stomatitis (Sariawan) dan Jenisnya


Setiap individu atau sobat kadang ada yang alergi makanan sehingga mengakibtkan gangguan pada mukosa mulut, bukan hanya itu sajagangguan psikis dan hormonal juga dpat menimbulkan gejala yang tidak di harapakan misalnya gejala stomatitis atau kadang dlam bahasa sehari-hari kita disebut dengan sariawan. yaa... sariawan yang akan di bahas kali ini. tentu sobat penasaran apa sebenarnya yang menyebabkan timbulnya stomatitis atau sariawan. silahkan di baca uraian di bawah ini :

Pengertian Stomatitis atau sariawan adalah peradangan yang terjadi pada daerah mukosa mulut, yang bentuk karakteristiknya berupa bercak kekuningan dan melebar, bahkan bercak ini dapa brsifat tunggal atau kelompok. sariawan di akibat oleh salah satu jamur yang bernama candida albicans, jamur ini bukan jenis jamur yang berbahaya. hampir di setiap tubuh kita terdapat jamur ini terutama pada daerah mukosa mulut dan alat kelamin. jamur ini dapat menimbulkan gejala, sebab adanya fungsi penurunan sistem kekebalan tubuh atau imun pada tubuh. dapat di simpulkan jika pertahanan tubuh menurun maka jamur dan bakteri lainnya akan menimbulkan gejala penyakit salah satunya ya sariawan ini.

Terjadinya sariawan kadang di sebabkan oleh pemberian antibiotik dalam jangka panjang, infeksi virus atau iritasi, pemasangan gigi palsu, pemasangan kawat gigi juga memicu timbulnya sariawan ini. sehingga dapat di simpulkan, sobat jangan menggangap stomatitis ini penyakit yang ringan. ringan namun juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sobat.

Macam - Macam stomatitis atau sariawan :


stomatitis atau sariawan dapat di bagi menjadi dua jenis tipe yaitu Sariawan AKut dan Sariawan kronis. berikut penjelasnnya :

Pertama sariawan akut yang gejalanya dapat di sebabkan oleh trauma sebab sikat gigi, tergigit saat makan, dan lain-lain. sariawan akut ini jika di biarkan saja sudah dapat sembuh dengan sendirinya. jadi sobat tidak perlu susah karna tidak terlalu berbahaya. namun harus tetap waspada.kadang yang kecil bisa jadi besar. he

kedua adalah sariawan kronis yang merupakan sariawan jenis tipe dua yang lumayan berbahaya , mengapa ? karena jenis sariawan ini sulit untuk sembuh jika di biarkan tanpa adanya tindakan, beda dengan sariawan jenis tipe satu tadi. sariawan di sebabkan oleh mulut yang kering. kok bisa ?  keadaan mulut kering dapat mengurangi kuantitas saliva atau air ludah, sehingga mengakibatkan kualitasnya berkurang. penyebab dari mulut kering atau xerostomia adalah terjadinya gangguan psikologis misalnya stress, gangguan hormonal, gangguan sistem pencernaan, dan terlalu sensitif terhadap makanan tertentu.

Penyebab timbulnya sariawan ?

secara umum : terjadi luka gigit, minum air dingin atau panas, alergi, faktor herediter, faktor psikologis, gangguan hromonal ( sesudah atau sebelum menstruasi ), pada penderita yang sering merokok juga dapat menimbulkan sariawan,kekurangan vitamin C, kekuranagn vitamin B dan zat besi, dan penggunaan alkhohol yang mengandung  bahan-bahan pengering.

Pencegahan atau Planning sariawan
 
  1. hindari atau jauhi stress,
  2. komsumsi sayuran yang mengandung vitamin C dan B serta zat besi,
  3. hindari makanan-makanan yang menyebabkan alergi,
  4. jaga kebersihan mulut,
  5. hindari terjadi trauma atau cedra,
  6. tidak terburu-bur saat mengunyah makanan agar tidak terjadi gigitan yang tidak di sengaja.
Jika sariawan anda usdah berlangsung lama yang sifatnya kronis segera periksa ke dokter terdekat, dan lakukan apa yang di intruksikan dokter. "Sehat Anda Sehat Kami Juga" ingin bertannya silahkan komentar di bawah ini.







No comments:

Post a Comment