Mengenal Radang Usus Buntu dan Penyebabnya | Klinikes.Com - KLINIKES

KLINIKES

Informasi Kesehatan Terkini

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, June 8, 2017

Mengenal Radang Usus Buntu dan Penyebabnya | Klinikes.Com

Kali ini saya akan mengenalkan pada sobat sedikit masalah penyakit apendisitis atau dalam bahasa awamnya di sebut dengan peradangan pada usus buntu. apendisitis merupakan kondisi dimana terjadi infeksi pada bagian umbai cacing. dalam kasus ringan masih bisa dpat di sembuhkan tanpa perawatanakan tetapi kebanyakan kasus ini memerlukan lapartomi dengan cara membuang bagian umbai cacing yang terinfeksi. bila di biarkan saja maka dapat berisiko kematian sebab adanya peritonitis. 

apa arti dari perotinitis ? perotinitis yaitu merupakan peradangan pada peritonium yang biasanya di sebabkan oleh bersebar infeksi dari organ perut berfuasi apendik atau dapat menggangu saluran cerna atau dapat terjadi luka tembus abdomen.

Mengenal Radang Usus Buntu dan Penyebabnya
Mengenal Radang Usus Buntu dan Penyebabnya


istilah umbai cacing adalah tak lain dari nama bagian anatomi colon atau usus besar yang berposisi di perut kanan bawah yang ukurannya sebesar kelingking tangan. umbai cacing mengandung kelenjar yang selalu mengeluarkan lendir. nama umbai dapat di pahami dengan bahasa lebih sederhana yaitu usus buntu. di sebut degan nama usus buntu karna memang saluran ujungnya buntu dan menonjol, tepatnya berada di antara persambungan usus kecil dan usus besar. jadi istilah yang kadang di gunakan oleh masyarakat awam jika di tanya soal penyakit ini, mereka menjawab dengan sebutan nama usus buntu ( apendix ), padahal istilah usus buntu ( Apendix ) merupakan nama anatominya itu sendiri, sedangkan untuk istilah nama penyakitnya yang benar adalah Radang Usus Buntu atau Peradangan Usus buntu dalam bahasa medisnya di kenal dengan sebutan apendisitis.

infeksi yang terjadi pada usus buntu atau umbai cacing dapat mengakibat kan perubahan, namun jika infeksinya menjadi semakin parah maka bisa dapat mengakibatkan pecahnya usus buntu tersebut.


Macam atau klasifikasi Apendisitis terdapat dua bagian yaitu apendisitis akut dan apendisitis kronis. apanedistis akut juga di bagi menjadi dua bagian yaitu apendistis akut fokalis yang bermakan setelah sembuh akan tombul striktur lokal sedangakn yang kedua apendisitis purulenta difusi yang berarti nya nanah.

untuk yang kedua apendisitis kronis juga di bagi menjadi dua macam yaitu apendistis kronis parsial yang bermakan setelah sembuh juga kan tiimbul striktur lokal. sedangkan apendisitis kronis oblitrivitaapendix nya miring sebab di temukan pada usia tua.

tanda gejala dari apendistis yang khas yaitu kadang penderita mengalami mual muntah, nyeri yang sangta hebat di bagian perut, nyeri bisa datang secara mendadak dan kadang demam samapi 37,8 - 38,8 derajat celcius.

Planning yang harus di lakukan pada pasien apendisitis sebagai berikut :

jika terjadi nyeri istriahatkan pasien, ajatkan tehnik relaksasi pernafasan saat nyeri, kaloborasi pemberian obat analgesik dan ajarkan tehnik distraksi saat nyeri timbul.

jika pasien mengalami mual atau muntah berikan nutrisi dalam keadaan lunak, porsi sedikit namun  sering, berkaloborasi dengan ahli gizi untuk menentukan nutrisi yang sesuai serta beri obat sejenis penghambat H2 seperti obat cimetridine dan ranitidin.

Sekian tentang Mengenal Radang Usus Buntu dan Penyebabnya semoga sobat tetap sehat dan selalu semnagat melakukan aktivitas sehari-harinya.

2 comments:

  1. Ini penyakit yg sering dialami orang dan memang sangat berbahaya jika dibiarkan. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan memperbanyak minum air putih, jangan mengkonsumsi bijia"an tajam seperti cabai yg tidak halus digiling. Hehe

    ReplyDelete