Mengenal Penyakit Osteoporosis/ Kerapuhan Tulang dan penyebabnya | Klinikes.Com - KLINIKES

KLINIKES

Informasi Kesehatan Terkini

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, June 17, 2017

Mengenal Penyakit Osteoporosis/ Kerapuhan Tulang dan penyebabnya | Klinikes.Com

Mengenal penyakit sistem muskuloskeletal atau yang lebih di kenal dengan gangguan tulang dan persendian beserta otot. pembahasan kali ini masalah tulang. gangguan tulang yang banyak terjadi adalah  osteoporosis. penyakit osteoporosis ini merupakan penurunan massa tulang yang dapat di sebabkan ketidakseimbangan resorpsi tulang dan pembentukan tulang. selain itu osteoporosis juga merupakan suatu penyakit tulang metabolik yang di tandai oleh reduksi kepadatan tulang sehingga mudah terjadi fraktur atau mudah rapuh.


osteoporosis atau kerapuhan tulang juga dapat di definisikan penipisan dan hilangnya massa tulang yang berkelanjutan sehingga membuat tulang keropos atau rapuh, dan mudah patah. Pada wanita penuruan tinggi badan dan merasa nyeri punggung sering terjadi. oleh sebab itu wanita lebih cendrung mengalami osteoporosis. 

kerapuhan tulang merupakan penyakit yang sering tidak di ketahui hingga tulang patah. kebanyakan orang berfikir bahwa kerapuhan pada tulang terjadi secara alami dan tidak dapat di hindari karna bagian dari penuaan. namuan menurut ahli medis menyakini bahwa osteoporosis masih dapat di cegah dan di perlamabta perkembangan penyakitnya untuk menurukana resiko terjadi patah tulang atau fraktur.

Penyebabnya dari osteoporosis ?

Ada beberapa faktor utama yang dapat mempengarui osteoporosis sebagai berikut :

pertama defiensi kalsium yang berati dapat di sebabkan asupakan kalsium dalam makanan yang tidak adukat sehingga mudah untuk memeprcepat penurunan massa tulang, penambahan usia juga dapat mempenagrui osteoporosis, penambahan usia di sebakan kurangnya absorpsi kalsium, berkurang nya vitamin D juga dapat mempengarui tulang sehingga terjadi osteoporosis. dan yang terakhir penggunaan obat jenis kartikostiroid dalam jangka panjang.

Kedua kurangnya latihan yang teratur juga dapat menyebabkan proses menurunnya massa tulang, sedangkan olahraga yang teratur  dapat mencegah penurunan massa tulang. olahraga atau latihan yang teratr dapat mencegah penuruan massa tulang. tekanan mekanis pada latihan akan membuat otot berkontraksi yang dapat merangsang formsi tulang.

Ketiga jenis kelaminnya juga dapat mempengarui timbulnya osteoporosis, kekuatan tulang di pengarui oleh hormon repoduksi. hormon reproduksi yang di maksud adalah estrogen. dalam hal ini menyababkan resrpsi tulang yang berlebeihan tanpa disertai pembentukan tulang tulang yang cukup. oleh sebab itu seorang wanita lebih cepat mengalami osteoporosis atau kerapuhan tulang di bandingkan pria.

selain tiga di atas pada ada faktor lain yang dapat memicu terjadinya gangguan pada tulang misal gangguan pada kelenjar endrokin, kurangnya terkena sinar matahari, banyak mengkomsumsi alkohol, nikotin atau kafein,kurang beraktivitas fisik, serta adariwayat keluarga yang pernah mengalami osteoporosis atau faktor genetik ( faktor keturunan ).

Baca ini " Pengobatan Osteoporosis | Klinikes.Com "

sedangkan ada beberapa faktor lain yang dapat mempengarui penurunan massa tulang yaitu faktor genetik, faktor makanan dan hormon dan faktor mekanis.  



Tanda Gejala dari osteoporosis ?

pada awalnya timbul nya penyakit ini tidak ada gejala namun seiringnya waktu penyakit akhirnya menimbulak  gejala sperti nyeri pada punggung dan nyeri leher, postur tubuh agak bungkuk, dan juga dapat menurunkan tinggi badan dalam artian semakin pendek psotur tubuhnya. pada kasus lain mudahnya patah tulang atau fraktur sperti patah pada pergelangan tangan dan sebagainya.

oleh sebab itu jika dari sobat atau kerabat terdekekat sobat mengalami gejala-gejala yang di atas silahkan konsultaiskan pada dokter yang lebih dekat sebelum mengalami keparahan. sebab jika di biarkan osteoporosis atau kerapuahan tulang bisa menyebabkan hal-hal yang tidak di inginkan seperti mudahnnya patah tulang, atau fraktur.

No comments:

Post a Comment