Mengenal Kencing Manis dan Penyebabnnya | Klinikes.Com - KLINIKES

Post Top Ad

Saturday, June 10, 2017

Mengenal Kencing Manis dan Penyebabnnya | Klinikes.Com

Artikel kali ini akan mengulas masalah-masalah kesehatan yang sering di derita oleh masyarakat sekitar. di setiap rumah sakit atau pada masyarakat sekitar anda tentu tak jarang mendengar atau menemukan masalah kesehatan terkait gula darah yang meningkat. meningkatnya kadar gula darah pada tubuh bukan berarti itu baik untuk kesehatan tubuh anda, melainkan akan menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya, sehingga berimbas menjadi sebuah penyakit yang disebut dengan Diabetes Militus (DM)). penyakit ini dalam bahasa awam di sebut dengan kencing manis.

Mengenal Kencing Manis dan Penyebabnnya

Mengenal Kencing Manis ! Penyakit Berbahaya :

Diabetes Militus merupakan suatu kumpulan gejala yang dapat timbul pada seseorang yang di sebabkan oleh peningkatan kadar gula darah pada tubuh akibat kekurangan insulin absolut ataupun relatif. penyakit ini kadang dapat didifinisikan sebagai penyakit yang tidak dapat di kontrol kadar gula darahnya. tubuh akan sesalu kekurangan atau kelebihan gula sehingga dapat menimbulkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Berbagai macam jenis kencing manis atau Diabetes Militus dan penyebab terjadinya :

Pertama Tipe 1 ( insulin Dependent Diabetes Militus) IDDM. Penyebabnya bisa dari faktor genetik atau faktor keturunan, faktor imunologi, faktor lingkungan.

Kedua Tipe 2 (Non insulin dependent Diabetes Militus) NIDDM.Penyebabnya bisa karna faktor Usia, Obesitas, riwayta keluarga.

Ketiga Diabetes Gestasional (GDM). Faktor bisa terjadi kemungkinan saat hamil atau sebelum hamil.
Keempat Diabetes yang berhubungan dengan keadaan atau sindrom lainnya. penyebabnya bisa kelainan genetik dalam sel Beta, kelainan pada insulin, penyakit endokrin, dan infeksi.

Tanda gejala dari peyakit ini adalah :

1. Jumlah urine yang di keluarkan berlebihan.
  2. Lapar berlebihan atau makan berlebihan.
  3. Frekuensi kenicng meningkat/kencing terus
  4. BB menurun
  5. Kesemutan atau mati rasa
  6. Cepat lelah dan lemas
  7. Penglihatan yang menurun.
  8. Jika terjadi luka sulit untuk sembuh.
  9. Mudah terinfeksi.
Baca ini " Planning atau pencegahan Kencing manis | Klinikes.Com

Normal Gula darah
Gula Darah puasa (mg/dl) 80-109 (baik), 110-125 (sedang), >126 (buruk)
Gula Darah 2 Jam (mg/dl) 80-144 (Baik), 145-179 (sedang), >180 (buruk)

Jadi dapat di simpulkan bahwa kadar gula darah yang meningkat dapat meyebabkan efek samping yang sangat berbahaya bahkan dapat menimbulkan gejala kencing manis. Gejala lain pada penderita juga dapat menimbulkan kerusakan pada sistem integumen atau kulit, yang sering terjadi pada bagian anggota tubuh kaki. untuk planning atau pencegahannya silahkan baca ini.

No comments: