Mengenal Gejala Batuk dan Penyebabnya | Klinikes.com - KLINIKES

KLINIKES

Informasi Kesehatan Terkini

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, June 13, 2017

Mengenal Gejala Batuk dan Penyebabnya | Klinikes.com

sistem pernafasan merupakan bagian sistem yang berkaitan dengan pernafasan pada manusia, sistem pernafasan secara umum fungsinya yaitu berfungsi untuk membawa udara ke dalam paru-paru. fungsi lain dari sistem pernfasan adalah untuk melakukan pertukaran gas. menghirup oksigen dan akhirnya terjadi proses pertukaran di dalamnya jika di keluarkan di sebut dengan karbondioksida atau CO2.

namun perlu di ketahui oleh sobat bahwa sistem pernafasan juga dapat terganggu dalam artian banyak gejala-gejala yang bermunculan di sistem pernafasan. ada beberapa gejala yang sering timbul pada pernafasan salah satunya adalah batuk. 

Mengenal Gejala Batuk dan Penyebabnya


Apa itu Batuk ? 

Batuk Merupakan mekanisme refleks yang sangat penting untuk menjaga jalan nafas untuk tetap terbuka secara paten dengan cara menyingkirkan hasil sekresi atau sisa lendir yang menumpuk pada jalan nafas. tidak hanya lendir saja yanga kan di singkirkan oleh sebab batuk akan tetapi juga gumpalan darah dan benda-benda asing lainnya yang berada di dalam jalan nafas. namun sering di temukan batuk yang bertujuan untuk menyingkirkan lendir atau benda sing lainnya, sperti batuk yang di sebabkan oleh iritasi jalan nafas. jalan nafas dapat menjadi lebih aktif sehingga haya dengan iritasi sedikit saja sudah terjadi refleks batuk.

ada beberapa daerah yang sensitif atau peka terhadap refleks batuk yaitu laring,trakea dan bronkus utama. selain di jalan nafas juga ada yang mudah terangsang sehingga batuk akan timbul yaitu di daerah membran timpani, pleura,dan kadang jika terjadi iritasi pada visera juga kan memicu refleks batuk.

batuk merupupakan gejala yang sering di temukan pada infeksi jalan nafas atas. jika batuk tidak hilang selama tiga minggu sebaiknya di lakukan pemeriksaan berkelanjutan seperti melakukan pemeriksaan foto bagian dada ( thoraks ) untuk menentukan kemungkinan adanya penyait tubercolosis, karsinoma bronkus atau penyakit jenis paru lain. 

batuk dapat terjadi pada orang perokok yang kadang perokok menggangap batuknya adalah batuk normal. batuk termasuk elem atau bagian utama untuk membersihka lendir lendir yang berda di jalan nafas dari dahak. dan dahak merupkan stimulus untuk terjadinya batuk. oleh sabab itu jika dari sobat yang mempunyai dahak yang berlebihan, maka upaya penekanan batuk menjadi berbahaya sebab dahak akan menumpuk. batuk yang berlebihan sangat berbahya dan akan memciu terjadi penyebaran infeksi, cedra pada jalan nafas, pneumothoraks dan sebagainya.

Ada Bebarapa penyebab batuk pada umumnya yaitu Asma, edema paru, embli paru, pneumonia, bronkitis, TBC, dan masih banyak lainnya.

oleh sebab itu dari sobat jangan lah di anggap remeh meskipun itu batuk yang kadang di anggap batuk normal padahal distu sebenarnya  memicu terjadi penyebaran infeksi atau virus yang dapat menular pada orang lain, sehingga saya saran kan sobat jika sedang mengalami batuk lakukan etika yang benar batuk menurut kesehatan.  silahkan baca " Etika Batuk yang benar agar tidak tertular menurut kesehatan" klik disini. sekian tentang Mengenal Gejala Batuk dan Penyebabnya . semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment