Mengenal Diare dan Macam Penyebabnya | Klinikes.Com - KLINIKES

KLINIKES

Informasi Kesehatan Terkini

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, June 6, 2017

Mengenal Diare dan Macam Penyebabnya | Klinikes.Com

Klinikes.Com Diare sudah tidak asing bagi anda, tidak sedikit dari anda mengalami diare. Diare merupakan terjadinya frekuensi pengeluaran sisa-sisa pencernaan, yang tidak teratur melebihi kebiasaaan. bahkan karakteristik dan jumlahnya fesesnya berbeda dengan biasanya.

Lantas Apa Penyebab dari diare? salah satu nya adalah di sebabkan oleh kelainan metabolik, dan infeksi virus/bakteri. penyebab lainnya dari diare adalah nutrisi yang tidak baik, obstruksi usus dan malabsorsi.

Penularan diare karna infeksi melalui tranmisi fekal oral langsung dari penderita diare atau dapat memalalui makanan dan minuman yang mengandung bakteri pathogen yang berasal dari tinja manusia ataupun hewan atau juga melalui udara akibat muntahan serta aktivitas seksual.

Mengenal Diare dan Macam Penyebabnya
Mengenal Diare dan Macam Penyebabnya !

Klasifkasi atau Macam -Macam Jenis diare !

jika di pandang dari lama atau tidak diare dapat di bagi menjadi dua bagian yaitu diare akut dan diare kronis. apa arti dari akut ? Diare akut merupakan edukasi yang berlebihan atau tidak teratur bisa lebih dari 3 kali sehari, serta bentuk feses yang cair dan kehitaman yang berlangsung kurang dari dua minggu.

Sedangkan diare Kronis kebalikan dari diare akut bentuk dan karakteristiknya sama namun bedanya diare kronis ini berlangsung selama lebih dari dua minggu. diare kronis dapat di sebabkan oleh malabsorsi atau infeksi kronik. jika anda mengalami diare lebih dari 2 minggu segera waspada dan periksa ke dokter terdekat.

Penyebab Diare dapat di Kalsifikasan sebagai berikut :

Pertama diare akut dapat di sebabkan oleh virus ( Rotavirus, Adenovirus, dan Norwalkvirus ), Parasit Seperti protozoa, Giardia Lambdia, Cacing sejenis lumbricoides. dan Bakteri juga dapat timbulnya diare akut, bakteri yang memproduksi enterotoksin seperti E coli, V cholera dll, serta yang dapat terjadinya imflamasi pada usus.
Kedua diare kronik yang berlangsung selama lebih dari 2 minggu, diare ini umumnya dapat di kelompokan dalam 6 katagori pathogenesis timbulnya : yaitu diare Osmotic (Diare tipe ini disebabkan oleh meningkatnya tekanan osmotik intralumen dari usus halus yang disebabkan obat-obat atau zat kimia yang hiperosmotik, malabsorbsi umum, dan defek dalam absorbsi mukosa usus, misal pada defisiensi disararidase, malabsorbsi glukosa atau galaktosa.) , Diare Sekretorik (diare tipe ini desebabkan oleh meningkatnya sekresi air dan elektrolit dari usus), menurunnya absorbsi., Diare karna gangguan motilitas , diare imfalmatorik, Malabsorsi dan infeksi kronis ( Infeksi oleh bakteri merupakan penyebab tersering dari diare. Dari sudut kelainan usus, diare oleh bakteri dibagi menjadi invasif ( merusak mukosa ) dan bakteri non invasif. (Simadibrata, 2007).

Tanda Gejala dari Diare  

Pertama Diare akut yaitu akan hilang dalam waktu 72 jam dari onset, nyeri perut, terasa tidak nyaman, nyeri pada bagan kuadran kanan kadang di sertai dengan kram dan bunyi pada perut serta di ikuti oleh demam.
Kedua Diare Kronis serangan pada penderita lebih sering 2-3 periode yang lebih panjang, nafsu makan berkurang, berat badan bekurang, dehidrasi tanda-tanda dari hipotensi takikardia, denyut nadi lemah dan di ikuti demam indikasi sebab infeksi.

Masalah Yang sering muncul ?

  1. Diare b/d proses infeksi, imflamasi di usus
  2. kekurangan volume cairan b.d kehilangan cairan aktif
  3. ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b/d kurangnya intake makanan, nafsu makan menurun 
Planing  untuk pasien penderita Diare ?

  1. Memperbanyak mimum air putih
  2. Asupan nutrisi harus di teruskan untuk mencegah terjadinya gangguan gizi
  3. jauhkan dari minuman yang mengandung alkohol, soda, dan yang banyak mengandung glukosa
  4. Biasakan cuci tangan seluruh bagian dengan sabun tiap kali sesduah buang air besar dan kecil.
  5. jauhkan produk susu dan makanan yangan mengandung lemak hingga diare membaik.

berikut sekilas tentang Mengenal Diare dan Macam Penyebabnya. semoga bermanfaat! tidak paham silahkan bertanya di kolom komentar ya sobat !

No comments:

Post a Comment